Pentingnya Personal Branding

Pendiri Amazon, Jeff Bezos pernah berkata "Your Brand is What people Say About You When You're not in The Room" Sama halnya dengan personal branding, kamu adalah apa yang dibicarakan orang-orang mengenaimu di belakangmu.

Pentingnya Personal Branding
ilustrasi orang yang memiliki personal branding bagus

"Your Brand is What people Say About You When You're not in The Room," demikian pernyataan Jeff Bezos, pendiri Amazon. Dan kalimat itu juga yang diucapkan Amalia E. Maulana, pakar dan konsultan brand personal dan perusahaan pada Kamis, 28 Mei 2015, di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Belajar Mengembangkan dan Mempertahankan Personal Branding
Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk. Memasarkan personal branding dapat menggunakan konten marketing dengan menggunakan platform media sosial. Personal branding bermanfaat selain membangun citra baik, juga dapat menghasilkan jaringan hubungan…
Ikuti kelas untuk mengembangkan dan mempertahankan personal branding di kelasbersama.id

Dalam acara "Personal Branding for Journalist" ini, Amalia dari ETNOMARK Consulting ini menjelaskan pentingnya personal branding untuk membangun reputasi lebih baik untuk pribadi maupun karir secara profesional.

"Saya agak prihatin, masih banyak yang miskonsepsi seputar personal branding sehingga tidak banyak yang serius menekuninya. Masih banyak anggapan, personal branding hanya untuk para artis atau tokoh tertentu. Padahal, sejatinya, semua termasuk wartawan membutuhkan pembinaan untuk brand personalnya," kata Amalia.
Dalam kesempatan yang sama wanita cantik ini juga meluncurkan buku berjudul 'Personal Branding: Membangun Citra Diri yang Cemerlang'.

"Personal branding bukan bertujuan untuk menjadikan diri terkenal, tetapi menjadikannya orang terpilih. Dan pada personal brand cemerlang adalah seseorang yang selalu dipilih dalam setiap kesempatan. Dia dipercaya bisa memberikan benefit yang diharapkan oleh stakeholders-nya."

Lebih jauh Amalia yang juga alumni Institut Pertanian Bogor dan doktor lulusan School of Marketing University of New South Wales, Australia ini juga menerangkan personal branding bukan ilmu sederhana.

"Tetapi sering disederhanakan ada akhirnya cenderung disepelekan. Perlu bagi kita untuk mempelajari konsep-konsep dalam personal branding sehingga bisa lebih cepat mencapai cita-cita personal brandnya dengan cara efektif dan efisien," kata dia.

Kemudian wanita yang sering jadi pembicara di berbagai forum, penulis kolom di beberapa media cetak dan juga aktif media sosial ini juga menyarankan untuk memperbanyak soulmate atau belahan jiwa dalam keadaan senang dan baik-baik saja.

Tulisan ini merupakan karya Hadriani P. yang telah dipublikasikan di Tempo.co