Ingin Mulai Belajar SEO untuk Pemula? Perhatikan 3 Hal Ini

SEO adalah teknik penting penentu keberhasilan website. Penggunaan SEO yang tepat dapat meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Dengan begitu, website kamu akan banyak diklik dan bahkan bisa menghasilkan uang!

Ingin Mulai Belajar SEO untuk Pemula? Perhatikan 3 Hal Ini
ilustrasi orang yang sedang membuat SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi mesin telusur. Singkatnya, SEO adalah cara untuk meningkatkan kunjungan website melalui mesin pencari. Konten yang sesuai SEO dapat meningkatkan peluang website muncul di halaman pertama mesin pencari. website dengan peringkat tinggi di mesin pencari akan banyak dikunjungi orang.

Website yang ramai dikunjungi dapat dimanfaatkan sebagai sarana digital marketing. Kamu dapat mengarahkan pengunjung untuk membeli produk, memakai jasa, hingga memasang iklan di website kamu.

Tempo - Kelas Bersama

Banyaknya manfaat SEO menunjukkan pentingnya SEO dikuasai di era digital.

Sebagai pemula, mempelajari SEO dapat menjadi hal yang menakutkan. Banyak informasi baru yang perlu diketahui seperti definisi, tools, dan implementasi dari SEO.

Namun jangan khawatir, banyak sumber yang tersedia untuk belajar SEO dari dasar di internet. Terus membaca dan catat hal yang perlu kamu perhatikan ketika memulai belajar SEO disini!

  1. Belajar SEO Mandiri

Kamu dapat belajar SEO dari internet secara mandiri. Ada banyak sumber yang bisa kamu manfaatkan, baik dari website jika kamu lebih nyaman belajar dari teks maupun video apabila kamu lebih suka belajar dari video.

●       Website belajar SEO :

- Google Webmaster Central Blog

Google menyediakan sumber belajar yang cukup lengkap. Kamu dapat menemukan perkembangan terbaru tentang perubahan algoritma mesin telusur Google disini. Selain itu disini juga terdapat dasar-dasar SEO, panduan memulai SEO dan cara meningkatkan visibilitas website di Google.

- Moz

Blog pembelajaran mengenai SEO dan digital marketing dengan lengkap.

- Backlinko

Blog yang cukup populer ini menyediakan pelatihan SEO dan strategi membangun link. Tidak hanya itu, disini juga dimuat strategi SEO dan membangun bisnis online untuk penggunanya.

- Dailyseo

Blog ini membahas hal seputar SEO dalam Bahasa Indonesia. Isinya lengkap mulai dari SEO keyword research hingga Content Optimization tersedia disini.

●       Video belajar SEO :

- The Search Agency

Channel Bahasa Indonesia yang membahas serba serbi SEO serta update SEO dengan lengkap.

- Ahrefs

Tutorial tentang SEO dari riset kata kunci, pembuatan tautan, hingga praktik SEO untuk pemula

- Brian Dean

Tips praktis untuk meningkatkan ranking website kamu di Google

2.      Tools SEO

Untuk menggunakan SEO dengan efektif, kamu dapat menggunakan berbagai tools yang tersedia. Fungsi tools bervariasi seperti riset, optimasi, dan monitoring. Tools ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Beberapa tools yang umum digunakan di bidang SEO adalah:

● Google Analytics

● Ahrefs

● Keyword Planner

● Moz

● SEMrush

3.      Hal Yang Harus Dihindari dalam Menggunakan SEO

Berikut beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh pengguna SEO:

●       Tidak melakukan keyword research

Keyword research adalah proses mencari kata kunci yang efektif untuk artikel. Banyak penulis membuat artikel tanpa keyword research. Bayangkan kata kunci sebagai umpan untuk menarik ikan. Apabila kamu menggunakan umpan yang tidak diminati maka kamu tidak akan mendapatkan ikan. Hal yang sama berlaku untuk website kamu. Apabila kamu tidak menggunakan kata kunci yang sesuai, website kamu tidak akan menarik pengunjung.

● Tidak menyesuaikan konten dengan search intent

Search intent adalah maksud pencarian pengguna. Ada tujuan yang ingin dicapai pengguna ketika mereka menggunakan Google. Pengguna yang ingin membeli headphone misalnya, akan mengetik “headphone x harga”.  Tujuan Google adalah menyediakan hasil yang relevan untuk setiap pencarian. Jika kamu menginginkan peringkat yang tinggi di Google, kamu harus menyediakan hasil yang relevan dan sesuai dengan tujuan pengguna Google.

●       Penggunaan kata kunci yang berlebihan (Keyword overstuff)

Penggunaan kata kunci yang tepat adalah salah satu kunci SEO. Namun penggunaannya perlu diperhatikan. Apabila kamu berlebihan menggunakan kata kunci tertentu, Google akan menjatuhkan penalti pada websitemu.

SEO merupakan hal yang penting untuk dipelajari jika kamu ingin websitemu banyak dikunjungi. Berbagai sumber dari internet bisa kamu manfaatkan untuk mempelajarinya. Namun, terlalu banyak informasi dapat membuatmu sebagai pemula kewalahan belajar SEO. Hal itu dapat menghambat kemajuan belajarmu.

Agar lebih mudah mempelajari SEO, kamu bisa memulainya dengan mengikuti kelas Mengoptimalkan SEO untuk Penulisan - Kelas Bersama. Di kelas ini kamu akan diajarkan oleh praktisi SEO bagaimana cara membuat tulisan ramah SEO, kaidah SEO dan teknik-teknik optimasi SEO. Bahkan, kamu akan dibimbing step by step membuat tulisan ramah SEO. Kelas ini sangat cocok untuk pemula karena diawali dari dasar pemahaman SEO. Menarik bukan? Ayo tunggu apa lagi, segera daftar dan mulai kembangkan website kamu jadi lebih baik!

Karya Alya Mufida Arbani
Sebagai penugasan di kelas Copywriter vs Content Writer: Which One Has a Better Career Path pada 9 Juni 2023
Editor: Ajrina Hafizhah